Kurkulum 2013 : Sebuah solusi?

Uji  publik kurikulum 2013 dinyatakan sudah berakhir. Ditengah banyaknya komentar, baik yang negatif maupun yang positif, yang pesimis dan yang optimis, keinginan pemerintah untuk merubah kurikulum KTSP dengan kurikulum 2013 nampaknya juga sudah bulat.


Tentunya, kita berharap dengan berakhirnya uji kelayakan publik Kurikulum 2013 pemerintah bisa mengambil kesimpulan dan keputusan yang bijak dalam menerapkan perubahan kurikulum. Kami kira pemerintah dalam hal ini Kemendikbud tidak akan bertindak bodoh dan ceroboh dengan  merubah begitu saja kurikulum.

"Dunia belum kiamat". Nasib dunia pendidikan Indonesia tidak hanya ditentukan dengan berubahnya kurikulum. Penyelesaian masalah pendidkan secara menyeluruh dan konsisten adalah  tuntutan lain yang harus segera direalisasikan pemerintah bila ingin pendidikan Indonesia lebih maju.

Banyaknya komentar negatif dan tumbuhnya kekhawatiran dari berbagai kalangan bila kurikulum ini jadi di terapkan, juga merupakan bentuk kepedulian yang mereka tunjukan agar pendidikan Indonesia semakin maju. Akankah Kemendikbud  menjadikan perubahan kurikulum ini sebagi bagian dari solusi atau hanya memberikan "kebingungan" dari sebuah ketidak-pastian?

Kita para guru sudah selayaknya membantu arah pendidikan bangsa ini menjadi lebih baik secara nyata dalam pelaksanaan pembelajaran yang bermutu, tidak masuk pada polemik perubahan kurikulum. Namun pemerintah juga hendaknya konsisten dalam memberikan jawaban bagi solusi masalah pendidikan di negeri ini. ***

Sumber : shadiqin (dot) com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kurkulum 2013 : Sebuah solusi?"

  1. Semoga kurikulum 2013 membawa perubahan positif bagi bangsa ini, siap bapak ibu guru? andalah ujung tombaknya!

    BalasHapus

Terimakasih, Anda telah berkunjung di Blog SDIT Al-Izzah Serang. Silahkan memberikan komentar atau hanya sekedar kesan dan pesan dengan mengisi Buku Tamu, Insya Allah akan sangat bermanfaat bagi kami.