Cara Nyaman Bepergian Jauh

Masa liburan bagi anak-anak adalah saat yang paling menyenangkan. Liburan bagi mereka berarti saatnya berwisata, ber-rekreasi, berkunjung ketempat-tempat wisata dan bisa juga saatnya bersilaturahim dengan keluarga. Bagi para orang tua tentunya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari agar bisa memberi kesempatan bagi buah hatinya untuk bisa berlibur menemukan suasana yang baru dan bisa menyegarkan fikiran. Tempat yang sejuk dengan panorama yang indah dan menyenangkan kadang menjadi pilihan banyak orang untuk berlibur, meskipun harus berkendaraan jauh dan bisa memakan waktu seharian.

Jauhnya perjalanan kadang bisa membuat kita tidak nyaman. Bagi mereka yang biasa mabuk di perjalanan suasana liburan bisa menjadi lain ceritanya, bila sampai menjadi mabuk berat dan mengganggu kondisi kesehatan, mau senang-senang malah jadi "penderitaan", berabe kan? Nah! untuk yang satu ini juga harus benar-benar dipersiapkan agar perjalanan liburan bisa sesuai yang diharapkan. Beberapa tip berikut ini mudah-mudahan bisa membantu anda dan buah hati untuk mengatasi kondisi mabuk dan suasana tak nyaman selama di perjalanan.

Persiapan awal
  1. Siapkan semua perlengkapan yang akan dibawa. Terutama perlengkapan si kecil (bila anda membawa bayi), obat-obatan yang diperlukan dll. Memakai pakaian yang nyaman, Karena perjalanan akan cukup memakan waktu, maka sebaiknya dibuat daftar barang apa saja yang harus dibawa.
  2. Pilih moda transportasi yang aman dan nyaman bagi anda dan anak-anak. Kalau anda memakai transportasi umum, pilihlah yang paling terbaik. Misal kalau bus pilih yang ber-AC, atau Kereta pilih yang bisnis atau eksekutif, dan lainnya.
  3. Jika anak masih terlalu kecil untuk diajak bepergian dalam jarak jauh, lebih baik konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Periksakan kesehatan anak dan pastikan anak siap menempuh perjalanan jauh.
  4.  Pilihlah waktu keberangkatan sepagi mungkin. Pastikan urusan "beaka" dan "beabe" sudah diantisipasi sedini mungkin agar tidak mengganggu kenyamana di perjalanan. Bila anda membawa bayi, pastikan bayi anda sudah mendapatkan asupan  ASI dengan cukup.
  5. Sebelum berangkat, sebaiknya perut tidak dalam keadaan kosong dan juga tidak kenyang. Hindari makan besar, memakan makanan berat yang butuh waktu lama dicerna, mengandung banyak lemak, pedas atau beraroma kuat, dan makanan yang mengandung banyak kuah seperti soto. Isilah perut dengan makanan yang relatif ringan seperti sedikit nasi dengan tempe atau tahu.
  6. Dan yang paling penting berdo'a saat naik dan berada dikendaraan 
Selama di perjalanan
  1. Pilihlah tempat duduk yang nyaman dan menghadap ke depan kendaraan, misalnya di dekat jendela dan di samping supir (Tapi jangan sampai rebutan tempat ya...)
  2. Menghisap permen jahe, mint atau permen jamu.
  3. Pehatikan dan siapkan tubuh mengikuti arah gerak kendaraan.
  4. Jangan biarkan kendaraan tertutup, bukalah jendela secukupnya untuk sirkulasi udara.
  5. Jika perlu, bisa menikmati musik dari media player sambil memejamkan mata.
  6. Jika merasa mual dan ingin muntah, muntahkan saja tidak perlu ditahan-tahan, karena dengan begitu akan merasa "plong" dan bisa lebih nyaman (jangan lupa gunakan kantong plastik yang sudah disiapkan sebelumnya)
  7. Bisa juga selama di perjalanan kita tidur
Setelah sampai tujuan
Ada baiknya anda memberikan reward kalau anak anda bisa menikmati perjalanannya dan tidak rewel.

Persiapan pulang
Saat acara liburan sudah selesai, satu jam sebelum berangkat, sudah berhenti makan-makanan yang berat. Dan istirahatkan badan dari aktifitas yang melelahkan atau membuat berkeringat. Kondisikan tubuh dalam keadaan segar dan siap menempuh perjalanan  pulang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Nyaman Bepergian Jauh"

Posting Komentar

Terimakasih, Anda telah berkunjung di Blog SDIT Al-Izzah Serang. Silahkan memberikan komentar atau hanya sekedar kesan dan pesan dengan mengisi Buku Tamu, Insya Allah akan sangat bermanfaat bagi kami.