Kemendikbud Akan Berlakukan Kurikulum 2013

Meskipun masih banyak pihak yang mempertanyakan kesiapan penerapan kurikulum 2013, nampaknya kementriaan Pendidikan dan Kebudayaan benar-benar akan memberlakukan Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014 ini.

Seperti diberitakan AntaraNews, bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberlakukan Kurikulum 2013 secara bertahap mulai tahun ajaran 2013-2014 mendatang.

"Kurikulum 2013 akan diberlakukan secara bertahap pada sekolah dasar serta SMP dan SMA mulai tahun ajaran baru mendatang," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh pada rapat kerja dengan Komite II DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Rapat kerja dipimpin oleh Ketua Komite II DPD RI Sulistiyo yang dihadiri anggota DPD RI.

Mendikbud menjelaskan, pada tahun pertama untuk murid kelas satu dan kelas empat sekolah dasar serta kelas satu SMP dan SMA.

Selanjutnya, pada tahun kedua akan diberlakukan kepada kelas dua dan kelas lima sekolah dasar serta kelas dua SMP dan SMA, kemudian pada tahun ketiga akan diberilakukan kepada kelas empat dan kelas enam sekolah dasar serta kelas tiga SMP dan SMA.

Menjelang diberlakukannya kurikulum 2013, menurut dia, akan diberikan pelatihan secara bertahap kepada para guru dan pnegawas untuk menyerap materi kurikulum 2013 pada April hingga Juli 2013.

"Kemendikbud telah menyiapkan materi kurikulum maupun materi pelatihan untuk guru dan pengawas," katanya.

Menurut dia, tidak ada alasan lagi untuk menunda pemberlakuan Kurikulum 2013 karena sudah didesain untuk diterapkan mulai tahun ajaran 2013-2014.

Kita berharap semoga rencana Pemberlakuan Kurikulum 2013 dalam pelaksanaanya nanti, di lapangan, bisa benar-benar sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai. Dan semua pihak bisa menunjukan kesunguhannya dalam meningkatkan mutu pendidikan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemendikbud Akan Berlakukan Kurikulum 2013 "

Posting Komentar

Terimakasih, Anda telah berkunjung di Blog SDIT Al-Izzah Serang. Silahkan memberikan komentar atau hanya sekedar kesan dan pesan dengan mengisi Buku Tamu, Insya Allah akan sangat bermanfaat bagi kami.