Jumpa Riang Penggalang (JURILANG) III Dan Jambore Ranting (JAMRAN)

Pada hari Senin sampai dengan Rabu, tanggal 12-14 Agustus 2024 Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Serang kembali menyelenggarakan kegiatan acara  “Jumpa Riang Penggalang (JURILANG) III Dan Jambore Ranting (JAMRAN)”  yang diikuti oleh hampir seluruh pangkalan gugus depan pramuka yang ada di kecamatan Serang,  yang bertempat di Buper Lapangan BIP Kec. Serang. Dalam kegiatan ini, Gugus Depan Pramuka pangkalan SDIT Al-Izzah Serang tidak mau ketinggalam ikut serta, berpartisipasi sebagai peserta.

Kegiatan ini merupakan sebuah ajang untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan yang berupa Janji Trisatya dan Dasa Darma Pramuka, serta menggali potensi dan bakat anggota pramuka di kalangan para Pramuka Penggalang Se- Kwartir Ranting Serang. Dengan diselenggarakannya Jumpa Riang Penggalang dan Jambore Ranting  diharapkan  mampu mengikuti batas tingkatan prestasi yang wajib dicapai sesuai dengan tingkatannya, mampu meningkatkan kemampuan mental, fisik dan pengetahuan, serta semangat untuk maju terus pantang putus asa serta mampu meningkatkan disiplin pribadi, rasa tanggung jawab, dan kesetian terhadap regu, pasukan, gugus depan, dan organisasi gerakan pramuka pada umumnya sebagai anggota masyarakat.

Kegiatan kemah Jumpa Riang Penggalang dan Jambore Ranting hari pertama diawali dengan kegiatan Tapak Kemah yang bertempat di lapangan perkemahan. Kegiatan berikutnya yaitu lomba sketsa panorama, melukis poster, Quis GF dan pionering. Kegiatan Kemah Jumpa Riang Penggalang dan Jambore Ranting melakukan  upacara pembukaan pada sore hari yang diikuti oleh seluruh peserta kemudian dilanjutkan dengan perlombaan persaudaraan dan malamnya setelah sholat isya penampilan pentas seni jilid 1. Selanjutnya hari kedua diawali dengan senam dan apel pagi dilanjutkan dengan berbagai perlombaan seperti kegiatan menyampaiakan pesan melalui sandi, semaphore dan isyarat, LKBB, permainan tradisional hingga malam kegiatan pentas seni jilid 2.

Kegiatan pada hari ketiga dimulai dengan olah raga pagi, bebersih lingkungan kemah, kemudian upacara hari  pramuka yang dilanjutkan dengan karnaval budaya khas Banten yang bertujuan untuk mengenalkan serta melestarikan adat istiadat budaya Banten. 

 Selanjutnya kegiatan puncak JURILANG dan JAMRAN  yaitu upacara penutupan dengan pengumuman hasil berbagai jenis perlombaan. Dalam kegiatan jurilang kali ini pangkalan SDIT Al-Izzah Serang  meraih beberapa prestasi diataranya juara 1 untuk mata lomba wawaasan pramuka putra dan putri, SMS putra dan putri, poster putra dan juara 3 perlombaan tradisional sehingga total piala yang berhasil  dibawa pulang 6 piada  (4 piala untuk putra dan 2 piala untuk putri) serta Alhamdulillah pangkalan SDIT Al-Izzah Serang berhasil menjadi JUARA UMUM 1 untuk putra dan putri.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Jumpa Riang Penggalang (JURILANG) III Dan Jambore Ranting (JAMRAN)"

Posting Komentar

Terimakasih, Anda telah berkunjung di Blog SDIT Al-Izzah Serang. Silahkan memberikan komentar atau hanya sekedar kesan dan pesan dengan mengisi Buku Tamu, Insya Allah akan sangat bermanfaat bagi kami.